Cara Menjadi Kritis

Cara Menjadi Kritis - Setelah kita tau apa saja kekuatan Pikiran Kritis di artikel saya sebelumnya , sekarang kita cari tahu bagaimana caranya agar kita menjadi orang Kritis atau berfikir kritis .

Dan disini saya akan menyampaikan cara menjaddi Pemikir Kritis yang saya ambil dari referensi Internet untuk mempermudah anda memahami pembahasannya . Ya , karena ini sifatnya lazim dan umum dalam penyampaiannya .

Dan silahkan disimak bagaimana caranya agar kita bisa menjadi pemikir Kritis atau cara menerapkan pola pikir kritis .

1. Jangan terburu-buru


Pikirkan secara baik-baik dan mendalam mengenai beberapa ide sebelum Anda mengambil keputusan. Ini tidak harus memakan waktu yang lama. Coba Anda tanyakan pada kelompok Anda mengenai sisi lain dari masalah, atau cara pandang yang lebih mendalam. Ini harus selalu diterapkan, terutama saat menghadapi isu-isu yang rumit dan baru.

2. Mencoba berpikir di luar kotak


Selalu berpikir bersama kelompok akan membuat pikiran Anda terbatasi. Sesekali, berpikirlah sendiri, dan cobalah keluar dari pemikiran kelompok. Lihatlah masalah dari sudut pandang lain dna temukan kemungkinan-kemungkinan penyelesaian masalah yang mungkin tidak terpikirkan oleh kelompok Anda. Memang menjadi berbeda belum tentu selalu lebih baik. Namun paling tidak Anda bisa menemukan "titik buta" dari setiap masalah.

3. Mendukung perbedaan pendapat


Berdebat tidak selalu berarti masalah. Dengan berdebat dan saling melempar pendapat Anda dapat mengumpulkan pemikiran yang berbeda-beda. Jangan selalu melihat pendapat yang berbeda dengan Anda sebagai sebuah kesalahan. Anda harus berani berpikiran terbuka dan menerima semua perbedaan tersebut. Siapa tahu salah satu pendapat yang berbeda itu adalah penyelesaian masalah bagi perusahaan Anda.

4. Berkomunikasi dengan maverick


Maverick adalah istilah yang digunakan untuk menyebut orang-orang atau organisasi yang tidak konvensional, yang seringkali memiliki sudut pandang yang tidak biasa. Temukan mereka, dan cari tahu bagaimana cara pandang mereka terhadap sesuatu. Jika pendapat mereka sangat berbeda dengan Anda, kemungkinan akan terjadi penolakan. Namun orang-orang yang berpikir kritis selalu mencari cara lain dalam melihat setiap masalah. Anda mungkin akan sering berbeda pendapat dengan para maverick, tetapi bisa jadi pada beberapa kesempatan, Anda akan mendapatkan pandangan yang lebih baik, luas, dan jelas dengan memahami cara berpikir mereka.

Dengan menerapkan pola pikir kritis dalam kehidupan , keumungkinan kita tidak akan lagi mudah terserang virus pikiran . Dan dengan selalu berfikir Simpel dan Kritis niscaya kita bisa menerima semua hal dengan baik dan bisa menjai orang orang anti galau .

2 comments

Gunakan bahasa yang baik dan benar dan harap tidak menyisipkan Link aktif !